Senin, 05 November 2012

Permainan Waktu kecil...Masih ingatkah anda???

Begitu besar perubahan dari jaman sekarang ke jaman dulu saat gw imut-imut sampe sekarang sudah amit - amit.hahahaha. Sepertinya generasi sekarang lebih terbentuk menjadi sosok individualis,  Soalnya mainan-mainan masa kecil itu kan sumber pembentukan karakter kita juga, sumber pendidikan juga malah. Permainan sekarang kayaknya kok sekarang beda banget yah, mainannya PSP, PS, game online dll.

   Mungkin dari segi intelektual mungkin mereka lebih cepat  pertumbuhannya dari kita-kita pas masa kecil, tapi dari segi pembentukan karakter, kreativitas, hubungan sosial, di rasa cukup kurang untuk maenan jaman sekarang.

Permainan jaman dahulu banyak dan macem-macem, dari yang sosial ampe yang individu, dari yang kreatif ampe konsumtif.nah kalian masih ingat permainan jaman dulu ya keren - keren.

Tamagotchi

Memang  Ini mainan rada-rada ngebosenin sih, soalnya gitu-gituuu aja. Dan ga bisa diganti-ganti permainannya.kita memelihara binatang virtual kasih makan minum dia bisa sakit dan gitu dah pokoknya permainan ini cukup keren pada waktu itu.

Yang lebih keren lagi
-Sega, Super Nintendo, Game Komputer

Maenan ini paling keren jaman dahulu karena gak semua orang punya maenan ini.Dulu tuh paling booming Street Fighter, Mortal Kombat sama Dragon Ball. game fighting semua yah jaman dulu.

Kalo mainan-mainan tradisional dahulu seperti
Mainan Outdoor :
- Petak Umpet : Permainan ini cukup seru apalagi kalo rame-rame, dulu pernah gw pny teknik tuker baju supaya yang jaga salah nyebut nama gw.hahaha


- Petak Benteng / Bentengan : Nih juga seru banget, salah satu yang terseru. Soalnya kaya main perang-perangan gitu.kita kejar2an siapa yang kena maka dia akan di sandera pihak lawan :D

- Petak Patung : Ini yang pura-pura jadi patung itu kan ya? Ga boleh ketawa ama keliatan gigi gitu dhe. ahahah seru-seru.

- Petak Besi /Kayu / yah material apapun lah : Yang ini latihan jadi cicak. wuakakak. nemplok-nemplok segala material yang saat itu dimainkan. Kaloo besi ya kita harus nemplok ke besi. Lucu dhee. tapi agak membosankan, soalnya susah kalo jadi yang jaga.

- Main Karet : nah ini yang lumayan seru juga kalo di mainin rame rame.ada yang maen karet loncat - loncat terus karetnya di puter,ada juga yang lompat dari yang paling bawah sampe yang paling atas pokoknya seru deh.

- Gundu : wah ini gk jago gw...ada temen gw yang jago sampe gundunya bopak (pecah)

- Biji Karet : Dulu sih gw cuma nontonin doang, sama nyoba-nyoba sekali, dulu ga bisa mecahin biji karet. Tapi sekarang bisa dong.

- Main Layangan : pernah gw maen layangan di belakang rumah gw pas udah tinggi gw iket deh di besi layangan tuh kalo udah tinggi pasti anteng yang penting di kasih buntut panjang.


- Main bola di kebon : Karena males kali ya mau kelapangan jadi ada kebon lega dikit pasti di situ di pake buat maen bola sampe pernah teman gw mecahin kaca rumah orang...hahahaha

- Main bulutangkis di jalanan : sampe koknya nyebur-nyebur got, diambil, dikeringin. pokoknya sampe palanya copot, atau bulunya botak. wuakakak

- Main Loncat Gunung, eh apa yah namanya? Yang ada pola garisnya gitu di jalanan, trus kita harus lompat satu kaki sesuai batu yang kita lempar. Seru nih. Lumayan jago gw.

- Kasti : Gw paling suka nih, kalo di sekolah main kasti, sering buat homerun loh gw. ahahaha

- Galaxin : Seru juga nih mainnya biasanya maen di tempat bulutangkis atau maen di kebun bikin garis pake areng bekas tabunan...hahaha

- Tazos : Inget hadiah-hadiah dari chiki itu ga? Yang bunder-bunder warna ijo? Nah dulu anak-anak di SD gw mainnya disentil-sentil gt, kaya gundu.

Mainan Indoor :
- Bekel : permainan ini mayoritas di mainin sama cewek2 lo..he

- Congklak : Jangan salah, main congklak butuh strategi juga ternyata. tipe-tipe Real Time Strategy nih, soalnya musuh juga jalan teruss. huahahaha. mesti pinter ngitung.

- Main Gambaran :kartu-kartu yang ditepok di tangan, trus yang menang yang gambarnya menghadap ke atas. simple tapi seru abis. Belajar judi juga nih pake ginian. wkwkwk

- Ular Tangga : seru juga permainan ini pernah gw waktu maen ini berbohong dadu nya keluar angka 4 karena dia lagi meleng gw bilang aja angka 3..hahaha motivasinya supaya depak dia biar turun tangga lagi..:D

- Karambol : Ini mainan yang sentil-sentil token gitu. Masukkin ke lubang. Mirip-mirip bilyard cara mainnya. Jago? Gak juga.

- Ludo : Nah seru nih, lumayan jago lah main Ludo.

- Monopoli : Gw heran, gw paling suka main monopoli, tapi gw paling sering kalah kalo main monopoli. wkwkwk

- Catur : Wigh dulu kita ngadu pinter pake main catur loh. Dan gw salah satu yang pinter lah, walaupun masih banyak yang jago-jago.

- Main Kartu Remi : Paling kocak kalau main minuman/cangkulan dah. Kalo kalah bener-bener harus minum. Kembung-kembung dah kalo kalah mulu. Yang kocak juga main chapsa, klo kalah harus jongkok, dan supaya lo ga jongkok lagi, lo harus menang chapsa juara pertama. Alhasil, pernah dhe 4-4nya jongkok smua pas lagi maen. Wuakakak kaya org main kartu sambil boker gt jadinya.


- Ngadu Cupang : Eh tau gak sodara-sodara, gara-gara ngadu cupang ini, gw sempat berbisnis cupang loh. ahahaha. Ga gampang bikin peternakan cupang, aseli makanannya mengharuskan kita berjorok ria, mencari kutu air dan cuk(jentik-jentik nyamuk) di got-got. Makanya gw dulu excited banget melihat got kotor yang banyak cuk'nya. wkwkwkwk.
Ngadu cupang tuh seru loh. Yang lucu dulu ngadu 3 ikan cupang dalam satu wadah. Punya gw mati duluan gitu. Kalah. Eh tapi besoknya 2 ikan cupang punya kedua temen gw itu mati juga. Moral permainannya adalah, Menang jadi arang kalah jadi abu. ahahaha. Mau menang kek, mau malah kek, kalau dalam perang, 2-2nya pasti rugi.

Kagak kalah seru kan permainan jaman dahulu dengan jaman sekarang :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar